Justru saat ini momen-noman paling penting untuk beli kungfu yang bakal dilakukan oleh emiten tuh bakal lebih lebih pintar lagi untuk ngeberesin masalah ini. Jadi lebih agresif lagi. Jadi lebih agresif gua karena eh I think this is start gitu. Bayangkan satu dengan kepemilihan Trump yang seperti ini. Dia mulai macam-macam tuh mulai dari Vietnam kemudian posisi retail Investor yang all in the equity kemudian posisi AI bubble boom itu akan menguntungkan sekali untuk emerg market. Ada orang yang enggak percaya kayak gini. Mereka bilang kayak gini, "Lu ngapain lihat-lihat broker?" So kayak gini ngerti, ngerti. Ngerti lu ngapain lihat-lihat
broker? Kayak gua tinggal bikin sekuritas HP, gua beli dari situ gua jadi masa gua tiba-tiba jadi mm kita kita yang yang kita analisa itu Sebenarnya bukan tidak tidak selalu kode brokernya doang. Yang kita analisa adalah jumlah Wells yang masuk. Nah, ini HKI itu pasti yang paling yang lebih lebih lebih kompeten lah untuk bahas ini. Tapi saya bisa bilang kayak gini. Oke, hari ini kita ngobrol lagi sama Bro My. Thank you nih, Bro, sudah datang. Sekali lagi kita bakal bahas banyak saham-saham yang ramai di retail tentunya misalnya kayak IMPC, Bumi, ya kan. Ciri apa nih yang
Hari ini lagi terbang dan juga potensial market crash dan juga ee terutama gara-gara ee kondisi makro maupun gara-gara ada potensial perubahan aturan MSCI yang harusnya itu deadline-nya di akhir bulan ini. Nah, jadi e gua langsung mulai aja deh. Ini ada beberapa orang yang concern sama potensial market crash. Apakah lu ada concern terhadap itu atau lu masih bullish? Ini ada orang yang nanya IHSG bakal crash dalam nanti midap benar atau enggak? Koreksi mungkin tapi crash enggak. Nah, kalau seandainya kalian bilang IHG potensi kencik karena dia udah mahal itu enggak make sense menurutku. Karena di 5.000 kita
sempat di 5.000 ke 6.000 dibilang mahal, ke 7.000 dibilang mahal, ke8.000 dibilang mahal, sekarang 9.000 dibilang mahal lagi. Nanti sampai 15.000 kalian bilang mahal lagi. Yaah. Jadi mahal dan murah itu objektif. Eh, sori subjektif karena ini based on data. Nah, tapi kalau potential correction mungkin Tapi kalau crash nanti kita bahas tuh. Oke. Apa yang bikin lu khawatir? Eh, terakhir tuh yang MSCI di 30 Januari. Karena kalau seandainya memang benar ada investigasi bahwa corporate tidak terhitung di dalam shareholder, wah itu gila karena hampir sori 20 22 ya kalau enggak salah sekarang 22 emiten yang ada di
dalam MSCI sekarang itu most likely semua kebanyakan corporate. Paling gede itu BCA. Nah, kalau itu terjadi di Investigasi, nah BCA itu bisa outflow berapa triliun? Mungkin hampir 10 atau belasan. Nah, tapi syukurnya MS ada mengeluarkan suatu statement baru bahwa dia akan menggunakan yang sudah masuk tidak akan diganggu biar tidak terjadi extreme volatility. Kemudian yang kedua adalah untuk yang baru mau masuk dia akan gunakan data ke say dengan free flot paling rendah. Nah, jadi kalau MSCI punya data satu emiten free flot-nya 50% ke Say 30% dia ambil yang paling rendah 30%. Jadi so far eh keputusan
mereka seperti itu. Oh itu eh berita per kapan itu baru keluar 3 hari lalu. Oh baru keluar ya? Baru keluar ya. Soalnya terakhir gua podcast sama Bro Rudi. Dia itu yang update tentang MSA itu kayaknya beritanya belum ada. Belum. Belum. Ini baru 2 3 hari lalu lah. Iya. Iya. Tapi itu good news dong berarti. Good news. Good news. Makanya makanya makanya kemarin setelah jatuh bom tiba-tiba naik lagi kan sempat minus 3% loh 1 hari ya. I. Oke, Teman-teman kalau misalnya belum nonton e podcastnya nanti gua taruh link di deskripsi ya yang kemarin maksud itu supaya
Teman-teman dapat konteks mengenai MSI ini. Tapi lu boleh share enggak sih emang konteksnya itu apa yang Kemarin kan di akhir tahun lalu lu sempat jatuh, habis itu kan ee waktu ada berita tentang ini perubahan walaupun recover lagi. Nah, besok kekhawatiran itu gara-gara apa? Ee dan apakah sekarang berarti kekhawatiran itu sudah selesai? kita sudah enggak usah khawatir lagi. Oke. Ces ini pernah terjadi di tahun 2023 di ee Bursa India Nifty. Waktu itu saham Adani Adani itu konglomerat yang termasuk salah satunya kaya dari stock Market juga itu diinvestigasi sama MSCI. Jadi ada ada pihak di Nifty di
stock market India yang merasa bahwa ada ini melakukan fraud atau melakukan stok ya penggoreng saham atau segala macam segala macam. Kemudian MS melakukan investigasi dan ditemukanlah bahwa banyak kepemilikan saham adani menggunakan perusahaan yang affiliate dengan adani. Mungkin adiknya, iparnya, saudaranya, anaknya. Dan itu akhirnya di 2023 nifty mengeluarkan saham adani Mengeluarkan saham di MSCI sampai 6 tapi hanya dalam waktu 1 tahun masuk lagi 8. Nifty saat itu terkoreksi 28% dan ini kemarin ada kejadian yang konsernya serupa bahwa ada banyak company di Indonesia yang menggunakan PT dan itu affiliate. Nah, sebenarnya boleh atau enggak sih sebenarnya enggak
ada masalah kalau di Indonesia karena soal perpajakan tax planning. Tapi kenapa kalau mereka di luar enggak suka? Karena nontreadable bagi MSCI. Kalau seandainya Company beli satu saham, dia enggak trading jual beli, jual beli dia simpan dan itu mengakibatkan likuiditas berkurang. Itu yang MS enggak mau. Karena konsen daripada MS itu bukan cuma soal harganya di sekian market cap sekian. Salah satu konsen utamanya tuh justru liquidity. Nah, jadi melihat itu MSI langsung melakukan investigasi bahwa memang ternyata terdapat banyak corporate ownership yang selama ini terjadi di Indonesia. Boleh share enggak? Soalnya kan mungkin ada teman yang belum ngerti
kenapa sih mereka harus konstan dengan liquidity. So what gitu. Emang kenapa kenapa enggak kayak kita kalau misalnya kita kan kita yang penting harganya naik kita udah thank you gitu. Tapi kenapa MSI harus mikirin likiditas? Karena kita kecil ya. Kalau gini saat ini saja MSI itu tidak pernah bilang big caps di Indonesia ngomongnya standar. Standar caps masuknya itu Kurang lebih 300 billiun dolar ya. Kurang lebih 3 sampai 4 triliun. Dan itu standar bagi mereka. Kalau big itu sebenarnya di atas 6 atau 7 triliun. 3 triliun aja seandainya untuk beli sahamnya susah, Bro. Bayangkan kalau seandainya 3
triliun passif ini sudah beli, dia kalau mau jual 1 hari transaksi cuman 10 miliar. Itu itu jadi scam. Jadi scam beneran gitu loh. Beli enggak bisa jual. Nah, itu alasan kenapa ada liquidity konsern. Sampai ada aturan Liquidity minimal untuk stock market itu adalah eh dari fli market cap 1 tahun minimal 30%. Nah, jadi itu penting. Jadi, contoh bayangkan size yang mereka masuk tuh R3 triliun, 4 triliun, 5 triliun. DSSA tahun lalu total 12 triliun dari bot MSCI dan Foodsi. Bayangkan kalau seandainya 12 triliun kita keluar, enggak usah enggak usah jauh deh, keluar 2 triliun aja
deh di saham DSSA bisa Enggak? Airb jilid ya enggak bisa. Makanya transaction liquidity bagi mereka penting. Kalau semua yang dimiliki adalah corporate, tidak akan tradable. Nah, problemnya itu. Jadi memang kemarin tuh ada beberapa contoh kan ya kita tahulah rumornya ada beberapa pihak di Indonesia ee bursa effect pergi ke sana kemudian e danantara juga pergi ke MSI ada yang di Singapura ada di New York. Konsernya Memang liquidity. H berarti kalau misalnya dengan berita yang sudah keluar beberapa hari yang lalu itu udah selesai kekhawatiran itu 70% soft lah. Apa yang masih menjadi possible konsep? karena dia bilang
eh dia akan investigasi lagi, minta masukan lagi dari partisipan market untuk diadjust. Tapi so far 3 bulan kita amanlah setidaknya. Oke. Terus kalau misalnya gimana cara lu Menanggapi hal itu? Apakah ee cash position lu itu seperti apa dibandingkan equity? Kalau misalnya boleh share berapa persen, berapa persen. Justru saat ini momen paling penting untuk beli karena eh ini just the matter of structural. Eh kungfu yang bakal dilakukan oleh emitenant tuh bakal lebih lebih pintar lagi untuk untuk ngeberesin masalah ini. Jadi lu lebih agresif lagi. Jadi lebih agresif gua karena eh I think This is start gitu.
Mungkin kemarin 20% baru 202 baru 20%. Apa yang 20% yang apa? 20% rallynya. Hm. Soalnya yang tahun lalu yang baru masuk tuh empat, Bro. Cuan DSSA, BRMS, sama Brand. Dari tahun ini potensi masuk tuh PTRO Bumi. Terus masih ada beberapa lah yang lainlah yang mungkin yang potensi masuk. Salah satunya tadi yang lu sebut tuh ya Mungkin ee ada IMPC. IMPC ya. Walaupun bukan bukan yang sekarang kali bukan yang sekarang ya. Enggak harus sekarang kayak PTRO aja kita proyeksi mungkin tahun lalu Maret kan sampai sekarang baru masuk ke small dan ya mungkin baru masuk sekarang nih
Januari ee Februari ini. Makanya senyumnya lebar. Pegangan terbesar di situ. Tapi kalau misalnya emm lu tadi gua sempat kaget lu bilang soalnya tahun lalu kita baru 20%. Berarti lu bullish banget dong sama 2026. Alasannya kenapa nih? Kenapa gua kasih lihat nih contoh? Oke. Untuk bicara mengenai kenapa kita bisa bullish tahun ini kita bullish tuh terdiri dari partisipan ril yang meningkat. Yang kedua itu sebenarnya triggernya tuh adalah foreign. foreign Foreign pasif ini yang masuk melalui indeks. Kenapa foreign yang foreign itu kenapa kelihatannya nafsu sama Indonesia gitu loh? Kalau kita perhatiin mungkin ya total kelihatan net sell
itu karena perbankan-perbankan blue chip-blu chip yang lama ada ada jual ICBP dijual MDKA dijual INKP itu yang old school. Tapi mereka tuh shifting ke konglo-konglo masuk. Alasannya kenapa ini? Pertama perhatikan di sini Amerika defisit mereka pendapatan dan Pengeluaran itu diestimasikan melebar ke min 7% GDP. Kemarin Indonesia Pak Prabowo begitu terpilih dia mengatakan targetnya tuh minus 3% GDP. Jadi itu mereka lebih pendapatan mereka tuh lebih kurang daripada pengeluaran. Sebenarnya ini positif kalau seandainya pengeluarannya untuk hal yang produktif. Ini pernah terjadi di India. di India ketika COVID 2020, recovery 2021, pemerintahnya mengatakan kita bakal defisit minus 3%.
Uang bakal kami Bagikan salah satunya MPG di sana, India. Kemudian dibagikan ke UMKM, bangun infrastruktur, kemudian eh sori bangun manufaktur, kemudian tag-tek mereka mereka kembangkan. Akibatnya apa? Hanya dalam waktu 2 tahun India GDP plus 7% Nifty itu naik lebih dari 80%. Bayangkan. Dan tapi ini kebalikan di US. Kenapa? Karena defisit minus 7% yang dilakukan oleh US itu hutangnya diperkirakan akan naik ke 150% GDP. Dan ini sudah berada dalam tahap Yang mengkhawatirkan. Itu alasan kenapa Trump ngotet suku bunga harus dipangkas di sana. Karena dengan memangkas suku bunga dia kalau ngeluarin hutang lagi biayanya rendah. Kalau sekarang
dia ngeluarin hutang mampus Trump. Kenapa? Karena bond mereka tuh udah 5% 4% lebih. Itu alasan kenapa Jerome Powell itu benar-benar ditekan sekali sama Trump sampai Juni ini masa masa berlakunya kan sori masa jabatannya berakhir sampai mau diancam dipecatlah mau diancam di Banyaklah intervensi yang dilakukan oleh Trump untuk memaksa Powel menekan suku bunga. Tapi kembali lagi theat itu independen. BI juga independen. Nah itu satu. Kemudian yang kedua, 20% orang terkaya di US itu berkontribusi terhadap 40% konsumsinya. Jadi data yang kita lihat di US itu tidak mencerminkan fakta di lapangan. Jadi mungkin kelihatan konsumsi US masih bagus
nih, datanya bagus, konsumtion-nya oke, PMI-nya oke, dan itu hanya Di-supplai oleh 20% orang terkaya di US. Jadi gap antara orang kaya dan orang biasa di US itu jauh. Jadi data yang ditampilkan US itu kurang real dan PDB di US, pendapatan GDP di US yang kemarin kan lumayan bagus itu disumbang oleh AI Chapex. Jadi perusahaan yang melakukan capex. Nah, perusahaan yang ada di US itu dipimpin hanya oleh tujuh perusahaan. Nvidia, Apple, Microsoft, Google, Amazon Meta, Tesla. Market cap mereka 22 triliun US Dar itu setara Dengan 449 saham lainnya. Jadi bayangkan ibaratnya brand Pro, TPI, cuan kemudian
dua saham konglo lain itu setara dengan 500 saham yang ada di IHSG. Bayangkan. Jadi AI tech company yang ada di US itu udah goes into the bubbling area, bubbling moment. Dan ini udah diingatkan sama Reidalio mengenai hutang US, capex gila-gilaan yang dilakukan perusahaan. Dan fakta menarik lainnya adalah 40% lebih perusaha eh warga US itu 70% uangnya itu di equity. Ini termasuk salah satu yang tertinggi sejak COVID bahkan sejak 2020 dan 1990. Jadi cash level mereka jadi mereka tuh benar-benar all in di stock market. Bayangkan satu dengan kepemilihan Trump yang seperti ini, dia mulai macam-macam tuh
mulai dari Vietnam, lalu eh Venezuela sebelumnya tuh Irak, kemudian posisi retail investor yang all in the equity, Kemudian posisi AI bubble boom hutang mereka seperti itu. Kalau seandainya fragile dan ini benar-benar collapse crash yang tadi mereka bilang, itu akan menguntungkan sekali untuk emerging market. Justru ini baru mulai. Ini belum kan crash yang di US belum kan? Baru tanda-tanda doang kan. Mulai dari terpilihnya Trump, ditangkapnya Presiden Venezuela dan itu ngebuat lain itu ngebuat uang-uang yang ada di Amerika itu bisa kabur semua. Apakah kalau misalnya Amerika sampai crash bukan itu jadi jelek juga buat Indonesia? Yes. Mungkin
orang-orang panik gitu loh. Ini stock market hancur segala macam. Eh, justru crashnya di sana tuh baru mulai. Nah, kalau kita dari contoh ya, Rusia itu 12% waiting MSCI turun sampai 2% lalu dikeluarkan. Kita tuh dari 1,4% baru Mulai mau naik. Kenapa kira-kira orang luar itu tuh atau foreign fun lah ya, mereka tuh pengin ningkatin bobotnya Indonesia? Apakah Indonesia punya ekonomi baguskah? Apakah tadi kan lu bilang tadi mengenai spanning apao segala macam. Emangnya kita dilihat positif sama mereka? Saya aku habis ketemu salah satu venture capital lumayan gede di Indonesia. Dia salah satu yang invest di Tokopedia,
Goto. Kemudian banyak Tag-teek company. Eh, aku enggak sebut namanya lah. Aku takutnya beliau enggak enggak bersedia disebut. Eh, dia ajak aku ketemu. Dia cerita, dia bilang, "Investor dia most likely." Saya ketemu dia tuh dia lagi belajar bahasa Jepang, Bro. Jadi investor dia most likely orang Jepang dan Hongkong. Dia bilang, "E, Jepang itu suku bunga kan kita tahulah 1 2% very small." Kemudian investor Jepang ini pindah ke Hongkong dibikin dalam bentuk namanya home office. Jadi home Office-home office yang ada di Hongkong itu uangnya banyak banget most likely dari Jepang. Dan mereka kalau nyari return double digit
dari 1% atau 2% itu dapatnya tuh cuma 3% Bro. 3% mereka masuk ke Indonesia gampang enggak dapat 3%. Lu beli bons beli fix rate aja lebih kok. Nah itu alasan. Cuman kan masalah pajak itu masih problem. Jadi yang di mata investor luar terhadap kita jelek-jeleknya sudah terjadi di 2025 yang kemarin MBG. Mereka enggak suka MBG. Kenapa? Karena minus defisit 3% itu tidak untuk sesuatu yang produktif menurut mereka. Kita kasih makan ke anak kecil, anak kecil ini produktifnya di umur berapa? Mungkin 15 tahun lagi, 17 tahun lagi. Akhirnya banyak yang selling kan, selling pressure ke kita.
Bumom itu sudah selesai semua. dari posisi itu, dari aksi itu, saat ini perbankan kemarin Bank Mandiri baru bagi dividen berapa? Hampir double digit. Bayangkan tidak pernah dalam sejarah 10 Tahun perbankan itu bagi dividen double digit. We are on the cheap price. Nah, saya mau kasih satu data lagi. Ini data MSI emerging market dibandingkan dengan SNP. Gua open di sini supaya lu lebih gampang. Nah, ini bisa naik turun. Tahun '8 sampai 93, Bro. Eh, emerging market tuh berjaya 545%. MSC emerging market SNP cuman 130. Itu selisihnya 3 kali lipat. Yang ini ya? Iya, yang ini. Kemudian
tahun '94 sampai 98 ini berarti bubble bubble.com minus 38 kebalikan, Bro. Rotasi, Bro. Mereka keluar emergen market dijualin China, eh Malaysia, Singapura, Brunei, Indonesia, Thailand dijual. Dipindahlah ke SP di tahun 99 sampai 2007 itu kan era property booming tuh 420% kebalikan emerging market. Sementara SNP 38%. Lalu kan eh Supreme Mortage 2000 2008 crash Duit balik lagi ke Amerika. Kenapa? karena jatuhnya parah gila-gilaan, Bro. Padahal di 2002 2008 itu arah recovery-nya aja belum jelas, Bro. Hanya karena murah semua jualan di bottom, semua masuk. Jadi emerging market yang di sini yang udah profit 420% ini, Bro, TP,
Bro, pindah ke SNP termasuk Dow Jones di Eropa, kemudian eh NASDAQ akhirnya mengakibatkan 460%. 2008 ke 2024 itu 16 tahun, Bro. mereka berjaya. Lucunya tahun 2025 kemarin itu adalah Kali pertama MSCIG Market menang terhadap SNP. Itu alasan kenapa Timoti Ronald sudah enggak punya SNP kan. Mungkin salah satunya ini ya, gua enggak tahu tapi ini adalah fakta data bahwa rotasi ini berjalan minimal 5 tahun. 2025 itu baru 1 tahun dan gap antara SNP dan MSC emerging market itu minimal 3 sampai 4 kali. Ini baru satu kali. Menurut lu ya kan kalau misalnya kita Ngomongin IM emerging
market itu kan negaranya kan ada banyak. Ada banyak. Betul. Setuju. Indonesia itu cuman kecil. Yes. Nah I wanna I wanna show you this. Oke. You are you are so sharp bro. Oke, Indonesia ini P. Eh, kalian boleh setuju atau enggak sama saya, tapi most likely kalau kita ngobrol sama fund manager Ngomongnya tuh PI, kemampuan company mencari laba dibagi dengan harganya. Kalau PI-nya murah artinya dia murah. Contoh PI 2 3 4 5 artinya tuh dia bisa ningkatin laba 5 ee contoh PI2 ya 2 tahun aja balik modal hitungannya gitu. Yuk, sementara foreign itu enggak beli dalam
waktu 1 tahun, Bro, atau 3 bulan atau 1 hari. Mereka nilainya panjang. Jadi, ini slide yang dibuat sama Freedom. Freedom itu ETF yang size-nya 1 banding dia 1%-an e Kurang lebih 1% 1 banding 100 dari MSCI lah. Quite lumayan gede sebenarnya kalau kita bandingkan dengan size-nya MSCI. Dia pakai cap ratio. Cap tuh cap ratio itu apa? C PE. Jadi C itu PI yang dinilai rata-rata 10 tahun. Karena bagi mereka company tidak bisa dinilai dalam waktu 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun. Contoh company batubara aja dalam waktu 10 tahun naik turun, naik turun, naik turun kan.
Properti naik turun, naik turun, naik turun. Dalam 10 tahun perbankan Naik turun, naik turun. Jadi bagi mereka yang punya dana besar seperti ini, mereka ngelihatnya minimal 10 tahun. Jadi menggunakan CE ratio Indonesia itu berada di 13,4. Berapa di US? 38,1. Jadi kemampuan saham-saham di US, Nvidia memang profitable. Apple profitable, Microsoft profitable, Tesla profitable. Tapi dibanding dengan harganya itu tiga kali lipat lebih mahal daripada emerging market. Salah satunya Indonesia. Nah, Kenapa enggak India? Kenapa enggak Taiwan? Kalian lihat nih India Taiwan di angka berapa? Kenapa enggak China? China sebenarnya quite quite quite quite quite cheap. 16,5. Nah,
ini aku ambil contoh satu lagi yang tadi, Bro. Ah, ini dia. Kemarin ketika terjadi penangkapan yang dilakukan oleh Trump terhadap Presiden Venezuela, dia bilangnya di awal gini, "Ini karena ee Kita nangkapnya karena kasus narkoba." Tidak sampai waktu 2 hari, cuman satu hari dia bilang, "Kita akan menguasai minyaknya Venezuela. Lu bayangin, gua datang ke rumah lu, gua cuman main-main doang, habis itu sudah masuk, gua ambil deh duit lu, gitu loh." Enggak sampai satu hari, Bro. Dia bilang, "Kita akan menguasai minyaknya Venezuela." Selama ini kita merasa bahwa minyak yang paling gede itu Saudi. Enggak. Sebenarnya resource yang
paling gede itu Venezuela. Cuman produksinya paling kecil. Hanya 1% dari produksi di seluruh Indonesia. Sor seluruh dunia. Nah, ada research dari Gold Mansch yang mengatakan bahwa keti jadi ketika Trump bakal menguasai jadi severon Shell itu kan bakal dikerahkan ke Venezuela untuk perbaiki infrastruktur minyaknya dan itu perlu capex ya minimal 3 4 5 tahun. Jadi 3 4 5 tahun ke depan itu harga oil bakal turun justru karena ini keluar nih reserve ini. Nah, tapi hal yang menarik itu apa? Venezuela selama ini mengirim minyak ke China melalui harga nego, tidak mengikuti harga market. Soalnya Venezuela itu di
apa namanya bahasanya? Aduh di ee branded diband diband diband untuk say sanction. Yes. Yes. Bukan sanction. Jadi mereka enggak bisa jual di free market ke mana-mana ke li-liya sekutu yang mereka enggak bisa jual. Jadi China beli bawa tangan China beli dengan diskon. Dan itu juga dilakukan di sama Irak dulu. Irak juga mentransfer ener ee minyak murah ke China. Sebelumnya Irak disenction sama US. Sekarang Venezuela. Sebelumnya Vietnam kena tarif 58%. Kenapa? Karena Vietnam tuh terima manufacture paling gede dari China ekspor ke US. Intinya apa? yang dilakukan Trump adalah untuk menyerang al daripada China. Dia enggak mau
China dapat resources murah. Jadi sekarang itu Tidak sesimpel ada perang artinya minyak naik. Oh, tidak seperti itu. Sekarang ini adalah perebutan terhadap resources murah yang selama ini dipegang oleh China yang di mana Trump itu enggak mau kalau China itu dapat resources murah lagi. Akibatnya apa? Orang takut dong invest di China. Terus yang kedua kita punya kita kita komodi komodi country kita tuh salah satu yang mendapat keuntungan dari sini. Makanya Kita kita harus harus saya thank you sama Pak Prabowo tuh enggak suka perang. Vietnam perang dengan Thailand, China perang dengan US, kemudian masih ada problem dengan
Taiwan, kemudian eh Korea Utara, Korea Selatan. Nah, kita tuh yang benar-benar paling adem-ayam doang. Nah, itu alasan kenapa eh lot of foreign itu bullish sama Indonesia. Cuman kayak bullishnya bukan semuanya beli karena bukan kuantitatif easing ya. Kalau kuantitatif ising semuanya beli karena Uang berlimpah. Ini adalah uang-uang yang mereka sudah taking profit, Bro. Mereka taking profit dari luar negeri, dari US, dari mana pun pindah gitu, Mas. Pindah dan mereka harus cari ke mana. Indonesia salah satu yang mendapat keuntungan. Nah, kenapa aku bilang ini enggak ngasal? Karena nih coba lihat ini salah satu slide dari Danantara. I've
know some of this people. Contohnya eh Pak Putra saya pernah ketemu head equity Danantara. Jadi mungkin dia yang Buat slide ini. Eh look at this one. Bloomberg commodity index. Kalian perhatiin bahwa eh ada potensi terjadi commodity bus di tahun 2025-2026 ke atas. Alasannya kenapa? Bukan karena ekonomi pulih, tapi karena supply shortage. Nikel, contoh Indonesia, Pak Bahlil bilang bahwa dia akan mengurangi produksi nikel. Yang kedua, ee aluminium, kemudian Boksit. Kalau batu bara mungkin agak susah. Kalau oil karena ada Venezuela dan OPEC juga mau mau apa mau tingkatin produksi. Jadi mungkin agak susah. Nah, jadi kita lihat
next-nya ya, Om. Nah, dan ini membuat bahwa perhatiin MSC emerging market dengan develop market. Gua zoomin ini ya. Ya, boleh dizoom ya. Crossing Pak Ini ya. crossing waiting terhadap ini yang 25,4% itu emerging market develop eh negara maju 14,6% udah dua baru dua dan ini baru terjadi di tahun 2025. Itu alasan kenapa saya bilang this is the start untuk kalian yang mungkin kalau kita ngelihat dalam apa yang terjadi di dalam negeri ini udah mahal, ini udah gila-gilaan asing masuk ini bakal ada yang taking profit. Kalau saya lihat makronya ini Baru mulai flow to emerging market
dan beruntunglah China itu lagi diserang sama Trump. Seandainya ekonomi dia poli pun orang mau masuk ke sana takut-takut. Kemudian India juga mahal, Taiwan mahal lebih apalagi. Nah, salah satu yang murah itu Indonesia, Malaysia, ee Singapura. Singapura enggak ter enggak terlalu murah. Kemudian Vietnam yang murah. Tapi syukurnya Vietnam belum masuk ke dalam bot negara maju, negara berkembang belum Masuk. dia masih frontier. Ini sebenarnya seru banget ya kalau misalnya kita bahas kayak gini ya. Dan kalau misalnya kita ngomongin makroekonomi kan levernya banyak banget kan. Banyak banyak faktor banyak faktor gitulak. Nah, salah satu yang menarik juga ini
sih ee baru aja kemarin kalau enggak salah PM-nya Kanada dia itu melakukan realignment yang tadinya Kanada sama Amerika terutama gara-gara Geografi mereka itu sangat-sangat close dekat dekat banget sama Amerika. Tiba-tiba gara-gara mereka diinjak-injak sama si Donald Trump, tiba-tiba si Kanadanya untuk pertama kalinya malah baikan sama si Cina gitu. China. Nah, em gimana lu menanggapi itu? Apakah itu bakal ada dampaknya sama Indonesia atau lu ngelihat ya bahwa soalnya Cina punya yang menang itu kan adalah gara-gara Mereka bisa memproduce barang-barang dengan low cost. Yes. Yes. Nah, ini udah dipangkas-pangkas sama Trump nih. Nah, itu makanya lu lihat
juga ya kemungkinan mereka bakal punya bias terhadap Indonesia gitu tetap gitu. Walaupun lu lihat Amerika sudah mulai ditinggal-tinggal. Bahkan Eropa pun juga mulai mau ngelawan Amerika gara-gara si Greenland. Iya, Greenland-nya mau diambil. Mau diambil. Habu Eropanya juga jadi Pada ini. Menurut lu kayak gimana? Pertama kita enggak tahu apa yang ada di isi otak Trum. Kita enggak akan bisa tebak besok dia ngapain, minggu depan dia ngapain, bulan depan dia ngapain, nanti Juni the Fat pemilihan cerman, The Fat dia ngapain. Tapi satu hal yang pasti adalah uncertainty meningkat dan dia doyan perang itu sudah fix. Dia doyan
perang, doyan ngikut-ngikut si China. Sementara China itu terkenal paling jago selama ini, paling enak, Udah nyaman dapat energi yang murah. China itu perlu energi yang super besar. Kalau enggak salah saya, 38% permintaan terhadap energi itu dari China. 8% ekspor yang ada di Indonesia itu larinya ke China. Artinya apa? China bakal mencari energi murah di luar daripada yang mereka udah enggak bisa dapat. Oil dia udah udah udah udah kelabakan nih sekarang dengan Venezuela, dengan Irak diserang kayak begitu dia enggak bisa dapat oil. Kita punya Neckel, kita punya timah. Jadi itu yang gua lihat dari dari makro
itu akan menguntungkan ke kita. Tapi it's not all sektor. Makanya kemarin yang naik call-nya masih belum ke mana-mana nih, Bro. PTB belum ke mana-mana, ITMG belum ke mana-mana. Tapi ADMR ada jalan karena dia cooking call dan aluminium. Tets. Jalan. MDKA, MBMA, NCKL hampir all time high loh. Itu company-comany nikal kita gila-gilaan. Satu lagi yang orang lupa, emas. Itu alasan kenapa Ada yang bilang gini, kalau emas naik equity turun. Tapi kenapa selama 1 tahun ini equity naik, emas naik? Karena buyer emas itu bukan retail. Bayar emas adalah central banks. Kenapa central banks membeli emas? Uncertainty itu
tadi, Bro. Si Jing Ping pun sudah bisa kira-kira menurut saya ya, dia juga bisa kira-kira ini pemenang dari US itu presiden adalah Trump. Maki mereka harus mencari energi yang lain, resource energi lain. Yang kedua adalah mereka harus mengamankan Mata uang mereka. hging terhadap mata uang itu enggak mungkin mereka beli dolar, makanya mereka beli emas gila-gilaan. Nah, eh gua pertanyaan kayak gini, kalau misalnya kan sekarang ISG kita itu rally-nya terutama gara-gara Samsam Konglop. Oh yes. Heeh. Benar kan? Sedangkan tadi tesisnya itu adalah salah satunya eh Indonesia itu menarik soalnya kita punya per Rendahlah dibandingkan dengan PI
ya. Kita punya P ratio lebih rendah dibandingkan dengan PI. Nah, tapi kan per ini itu berpotensi meledak, mahal, tambah tinggi. Apalagi ee SS Kolo ini mulai tambah lahir, tambah banyak. Pertama, ada dua hal. Pertama Sam Konya kemarin masih lanjut naik misalnya KPTRO. Kedua, ada sam-sam kongluk-kong lain Misalnya konglo-konglo yang udah listed di MSI yang atau yang sudah memenuhi dia punya objektif, dia melahirkan sam-sam baru yang pengin didorong ke atas gitu. Nah, otomatis ISG kita itu tuh bakal lebih banyak didominasi sama perusahaan-perusahaan yang pairnya tinggi dan yang di yang ee akibatnya jadi mahal gitu. Nah, gimana
itu bisa menarik? Pertama itu gimana itu bisa menarik. Terus kedua, apakah lu ada kekhawatiran? Soalnya kan Perusahaan-perusahaan yang mahal-mahal ini evaluasinya itu baru bisa sustainable secara harga apabila fundamentalnya itu catch up ya. Heeh. Apakah lu ngelihat itu sekarang lu itu itu pada catch up dari segi fundamental? Gini, saya habis ketemu dengan Pak Ferdi Ikhwan itu salah satu head riset dari IDX. Dia sendiri enggak setuju kalau ada Istilah namanya saham fundamental saham Kongl. Dia sendiri enggak setuju karena itu artinya saham Kongl enggak ada fundamental. Ada cuman fundamentalnya tuh forward looking, Bro. 10 tahun ke depan. Itu
satu. Terus yang kedua, PE yang murah ini MSCI konglown-nya itu enggak banyak, Bro. saat ini ya. Saat ini mungkin eh BRMS sih quite good numbernya. Nanti kalau bumi masuk juga harusnya quite good. Mungkin yang jelek kayak brand ya kan numbernya jelek cuan Mungkin jelek dua itu bro itu baru dua SSA not that bad lah baru tiga konglo. Nah jadi ee PI yang kita nilai itu yang gede-gede justru bro Bank Mandiri BCA. Nah, tapi r kenapa kenapa rally-nya itu IHSG bisa seperti ini ya? Karena Hesley memang IHSG penilaiannya itu sensitif terhadap market cap Konglo karena Konglo
free flot-nya rendah. Nah, itu alasan kenapa kemarin ada ada desakan free flot tuh harus naik biar kelihatan image-nya tuh IHSG naik memang benar karena fundamental bukan cuma karena konglong-konglong. Tapi honestly asing tuh enggak peduli IHSG di berapa selama suatu kalau MSCI selama itu masuk ke dalam standar mereka masuk. Tapi kalau untuk active-active fund mereka bakal beli-beli saham-saham yang contoh UNTR kalian cek deh 2 bulan 3 bulan akunnya gimana. Telkom 3 bulan lalu akunnya gimana perbankan mungkin masih susah kalian lihat 3 bulan lalu akumnya Gimana. Semua udah triliunan pushback beli balik semua. Ini ada satu fakta
yangak ada gak ada orang yang ngomong gini. pihaknya Januari sampai Agustus bonsel kita itu sampai 6% sori 5,9% artinya apa? Mereka bullish sama Indonesia. Ee SBRSBN kita tuh very interactive karena bunganya cuman 56 7%. Eh sori bunganya tinggi 56 7%. Di Singapura lu dapat dua, di Jepang lu dapat 1 koma. Di Taiwan lu dapat ya mungkin dua. Di kita tuh bisa tiga kali Lipatnya. Mereka beli, Bro. Januari sampai Agustus inflow 70 triliun. Agustus sampai Desember mereka keluar sampai tersisa hanya 20-an triliun. Taking profit 40T. 40T ini ke mana? Equity. Itu alasan kenapa Agustus kita gila-gila
Juni, Juli, Agustus sampai Desember. Rotation dari rotation dari equity ke bond market. Eh, sori dari bons market ke equity. Nah, kalau equity-nya sudah terlalu mahal, Mereka bakal balik lagi ke ini. Tapi lucunya di MSCI kita tidak kita tidak kita tidak bisa tidak perlu menerka-nerka karena MS eh rumusnya itu market cap-nya sekali sekian kali sekian angkanya eksak. Jadi mereka enggak bilang kayak, "Wah, ini saya rasa sudah kemahalan. Asing pun ngerasa mahal jual enggak bisa, Bro. Ada angkanya. Angka masuk angka keluar jelas. Nah, itu kalau untuk saham-saham yang berada di dalam MSCI. Tapi kalau untuk saham yang
di Luar daripada itu contoh kayak yang sudah masuk kayak Bank Mandiri, BCA, ah itu udah bukan pasif lagi sekarang. Aktif lagi. Actifan yang yang wah ini PI-nya murah, deviden. Oke, kita kebetulan ada duit pengin dapat dividen beli Bank Mandiri gitu. Apa tanggapan lu ini ya? Em kan saham-saham Kong lu ini ya bayangan gua kalau misal tahun 2025 kalau misalnya mereka itu investnya pakai eh value investing yang banyak Dimengerti sama orang lah ya kan future cash flows lah habis itu pernya murah PBV-nya murah gitu-gitu versus Klo Stocks most likely yang eh gua gua ngertiin Konglow Stocks
definisi Kongl Stocks ini missnom lah maksudnya soalnya kalau misalnya kita ngomin BCA ya kurang konglo apa gitu enggak gitu. Nah, iya. Eh, a apakah lu ada kenal ya orang-orang yang enggak main sama-sama ko Yang kita ngerti sama tapi perform perform tapi enggak gede, Bro. Berapa persen kira-kira? 11, 20, belasan dan she's happy with that. That's good. Itu alasan k kita enggak bisa banding-bandingkan dengan orang lain gitu loh. Alasan kenapa kayak kalau saya nyaman dengan beli Bank Mandiri, dapat dividen 9%, 10 tahun sudah pasti balik modal hitungannya. Masa sih dalam 10 tahun perbankan enggak ada naiknya
sama Sekali? If you happy with that, just go it. Jangan jangan dicompare-care. Makanya ada yang bilang, "Ah, F investing sudah ketinggalan zaman, lu jual perbankan, lu, beli Samkong, lu." Enggak perlu. Setiap orang punya profile ris kenyamanannya gitu. Jadi aku aku tuh tipikal orang yang eh kita ngelihat si psychologi orang ini dulu. Saya disuruh beli brand semua all in pun saya enggak berani. Saya disuruh beli PT all in mungkin berani sih. Enggak yang lain lah Ya. Bukan di harga sekarang ya. Bukan di harga sekarang. Ee karena bagi aku tuh kita terhadap uang tuh ada resonansi. Nah
jadi resonansi kita nyaman dengan Bank Mandiri. pelan-pelan tuh kita meningkatkan apa ee capability kita terhadap uang, hubungan kita terhadap uang pun semakin baik. Banyak orang terlalu nge-push dirinya. Contoh ngelihat sama IPO kenceng-kenceng kencengceng dia kejar tiap hari di arah. Ada satu momen kira dibanting plum ujung-ujung selesai. Kenapa? Dia enggak menghargai dirinya sendiri. Terlalu banyak lihat kiri kanan kiri kanan. Apakah lu ada kekhawatiran mengenai itu? Ya, misalnya ini kan oke kita kita paham kalau misalnya orang-orang yang beli Sam-Sam banking mungkin mereka pengin cari yang relatively resilient lah. Jadi kalau misalnya mau turun lagi turun berapa persen
lagi sih gitu kan. Maksudnya kesannya agak-agak kurang Make sense kalau misalnya Bank Mandiri itu sampai ngasih dividen 20% karena agak-agak mustahil gitu kan. Sedangkan kalau misalnya Sam-sam Konglo yang tidak berhasil mengejar fundamentalnya turun setengah itu kesannya itu sesuatu yang posibel. Heeh. masih masih bisa masuk akal gitu. Soalnya kalau misalnya mereka pairnya 500 turun setengah aja masih 250 masih tetap tinggi gitu kan. Nah, apakah lu ada kekhawatiran dari Situ atau inti cara kita main game Konglo ini kayak gimana? Kan itu ini bukan sesuatu yang kayak Bank Mandiri di mana kita bisa beli tutup 10 tahun ini
kayak ya. Gameplay Konglo itu kayak gimana? Maaf nih harus saya katakan Konglo itu tidak untuk kamu investamanya. Contoh BRPT 32 tahun IPO lebih panjang dari BRI loh. Saat ini dia all time high di angka 4.000 podcast ini mulai 4.000 dia IP saya enggak tahu di harga berapa karena Sudah berapa kali stock split tapi return-nya tuh 30.000% 10%. Cuman problemnya adalah saham kongro itu ada eranya, ada masanya. Ada momen BRPT tahun lalu aja dia dari 2000 turun ke 700 loh. Itu minus 70%. Kalau kalian lagi di momen itu apa sih uang kalian lagi? Kita lagi salah
momen lah masuk PL kita. Wah ini karena kongl eh MSCI pasti pasti pasti aman pasti dijaga minus 70%. Ini kita pasti udah udah enggak beres tuh. Mental kita rusak, psikologi hancur, kemudian hubungan kita di rumah pun jadi berantakan. Itu yang harus di harus diconcern kalau teman-teman harus ingat, tidak ada uang yang layak di angka berapun kalau itu harganya adalah kesehatan mental kita. Itu alasan kenapa ee di di rule conglow play kalau aku tipikalnya tuh semakin kencang sahamnya justru porsiku semakin jaga-jaga. Semakin semakin resilien sahamnya, aku justru semakin berani Berani semakin gede. Nah, ini ini makanya
menarik kan kalau misalnya kita ngomongin Pak gitu ya, siapa sih yang enggak muji Pak gitu ya. Kemungkinan besar ada yang enggak partisipasi lah. Cuman cuman kalau misalnya kita ada partisipasi ikut di IPO main di saham ee sahamnya dia kayaknya cenderung lebih banyak yang untung dibandingkan yang rugi. Most likely ya gitu. Most likely. Soalkan most likely itu uptrend Kebanyakan dari samp beliau gitu ya. Nah, pertanyaan adalah kalau misalnya kita beli BRPT gitu, nah kan kita bisa aja meyakinkan diri sendiri, ah ini kan sama Pak PP, dia pasti mau jaga. Nah, gimana caranya kita itu tuh em
mencari kalau misalnya kita ngomongin Pak PP ya, oke sampai PP, tapi Pak PP yang mana yang bakal main? Ah, itu Hanesli susah, Bro. Sampai saat ini aja TPA udah enggak ke mana-mana, BRPT tiba-tiba di ending enggak ke Mana-mana. Jadi itu memang kita mesti mesti bisa ngelihat flow hariannya tuh. Contoh, ternyata Pak PP lagi akum cuan gitu loh. Ternyata flow-nya lagi bagus di e saat ini PTRO. Nah, lihat broker-brokernya aktif di mana. Karena broker Pak PP kan ini pasti kalau saya sebut mungkin dia bisa ganti ya. HP YU dulu ada DX. DX sudah enggak pernah muncul
ZP KZ ya itu aja. Nah, kalau HP lagi ngejaga muncul lagi yang SS, muncul lagi yang lain-lain. Wah, itu flow-nya Lagi di situ, lagi dijaga mati-matian tuh. Perhatiin aja selama 3 1 bulan deh. 1 bulan ke belakang yang aktif beli tuh HP di PTRO. Nah, cuman Pak PP itu lucunya begini. Kalau dia lagi tinggalin sahamnya, cuan BRPTnya ditinggalin benar-benar enggak dijaga sama sekali, Bro. Turun, turun, turun, turun, turun, turun udah sampai 20% tiba-tiba pum naik ke atas. Karena untuk karena untuk nge-counternya tuh gampang gitu bagi dia untuk nge-counter gampang Mau atau enggak aja. Tapi mungkin
nanti kalau ada kesempatan lagi aku bisa hadir di Overpost, aku bakal kasih hitungan titik berapa dia bisa keluar. Ah, itu penting aku bisa dapat BRPT di tahun kemarin di angka 800 eh sori 800 apa 800 karena di bawah 800 BRPT keluar MSI. Aku perhatiin di 795 780 coba tracking banknya teman-teman 810 790 785 plus beli turun sedikit naik lagi DX beli turun lagi HP beli wah ini Pak PP jaga nih Jadi kita bisa dapat bottom price-nya dia. Bottom price kita enggak tahu kapan dia bakal main tapi minimal ini bottom price-nya dia. I akan jauh lebih
baik lagi kalau kalian bisa dapat kapan dia mau main. ya paling enggak 1 2 minggu lihatlah broker-broker yang aktif di SAM itu. Karena TPI BRPT kalian perhatiin ya TPI BRPT brand CAN itu 1 minggu 2 minggu ke belakang itu enggak ada pergerakan broker yang main Broker-broker biasa aja retail kemudian fan-fan manager. Nah, tapi kalau HP sudah rutin ngumpulin itu alasan kenapa PTRO perkasa sendiri tuh. Hari ini CDA, Bro. Hari ini CDA C tapi jam jam sekarang ya kita enggak tahu lagi closing siapa lagi podcast. Tapi menurutku ya itu minimal ada HP, ada KZ, ada ZP,
ada Yu. Nanti kita lihat deh closing. Nah, ada orang yang enggak percaya kayak Gini mereka bilang kayak gini, "Lu ngapain lihat-lihat broker?" Kayak gini ngerti ngerti. Ngerti lu ngapain broker? Kayak gua tinggal bikin sekuritas HP, gua beli dari situ gua jadi masa gua tiba-tiba jadi mm atau enggak mm yang orang yang duit gede atau enggak Pakp deh tiba-tiba buka ajaib masa tiba-tiba dia jadi retil gitu kayak apa pendapat lu terhadap orang yang memberikan masukan seperti itu ya kita kita yang yang kita analisa itu Sebenarnya bukan tidak tidak selalu kode brokernya doang yang kita analisa adalah
jumlah Wells yang masuk. Nah, ini HKI itu pasti yang paling yang lebih lebih lebih kompeten lah untuk bahas ini. Tapi saya bisa bilang kayak gini, Rital kalau beli mungkin lu Rp100 juta, gua R juta, yang lain R juta campur kan frekuensinya gede. Tapi kalau fun itu beli, apalagi kalau broker-broker, woh sekali beli 10.000 lot, 20.000 lot, 30.000 lot, dari situ akan kelihatan Frekuensinya rendah. Jadi kalau seandainya bumi 1 hari transaksi XL net by 100 miliar frekuensinya cuman 100 artinya tiap beli 10 miliar itu enggak usah lihat retail lagi enggak peduli lagi e XL atau mungkin
tiba-tiba muncul broker AA atau my lah itu sudah pasti wells kalau frekuensi kecil akumulasinya gede. Nah, jadi memang agak tricky sebenarnya kalau bahas brokom. Tidak selalu serta-merta XL beli artinya retail. Tidak selalu serta-merta tapi Kalau HP beli most likely wells. Siapa yang mau buka HP terus berani akumulasi? Contoh kalau Pak PP akumulasi itu minimal 30 miliar 50 miliar 1 hari atau 100 miliar. Nah, siapa yang mau R miliar buka HP beli plop? Most likely kalau udah HP Yu AK BK itu WellS. Tapi kalau yang retail-retail nih kayak kode kode kode retail XL XC YPD itu
masih mungkin ada Wells yang pakai kode broker itu. Nah, jadi minimal kita tahu average market itu yang paling Penting ya. Ini soalnya agak tricky ya. Maksudnya trickynya tuh makanya kalau misalnya teman-teman ee cuman bilang XL, XC ya kan eh CC gitu, YP gitu kan artinya pasti retail gitu kan. itu tricky soalnya kita harus deep dive lebih lanjut apalagi kalau misalnya kita ngomong misalnya nih, oh HP beli 100 miliar apakah itu artinya akumulasi soal bisa aja dia pakai tiga broker lain untuk jualan jualan jadi orang yang Enggak ngerti ngelihatnya HP beli 100 M tapi orang yang
ngerti ngelihat ini yang jualan itu dia juga gitu pakai broker-broker yang lainnya gitu jadi apa ya kalau kalau ya kalau misalnya ee enggak enggak sesimpel itulah bukan ama perlu experience lah jadi gua gu gua anggap kayak gini Nih contoh Agung Sedayu tiba-tiba pesan pasir gede banget. Nah, lu bisa asumsikan itu apa gitu loh. Tiap orang beda-beda. Nah, jadi makanya muncul kode Brokur XL netby atau AK netby tiap orang punya analisa beda-beda. Yang pasti yang aku tahu kalau seandainya ada pembelian dalam jumlah gede itu ibaratnya kita lagi lihat satu lokasi perumahan tiba-tiba ada batako masuk gede,
pasir masuk gede, semen masuk gede, pluk. kita bisa asumsikan itu pembangunan atau ternyata cuma tukar bahan, ternyata dia tukar sama mungkin ee puing-puing atau tukar sama apa pindah lagi kita kan enggak tahu. Tapi tapi most like aku perhatiin ya, rata-rata kalau seandainya udah kayak HP, KZ, ZP, Yu, AK, BK itu most likely real wealth, real wealths itu real itu mereka memang memang gajah. Tapi harusnya ingat AKBK tuh sekarang Algo juga banyak trading. Beli hari ini besok jual. Banyak AK begitu aja. Contoh cek beli hari ini besok jual. Gimana cara membedakan eh AKBK yang hold dan
yang 3D? Wah susah tuh Bro. Tapi most likely Biasanya eh AKBK yang hold itu di company yang memang fundamentalnya lebih ada, Bro. Karena kalau AKBK yang trading algo itu saham gorengan pun dia masuk. Contoh deh, ada satu saham apa yang fundamentalnya enggak ada. Liquiditas enggak ada, lu ramaiin naikin ke atas. AKBK netby bisa ya mungkin size kalau saham gorengan ya mereka bisa masuk kayak eh 1 M sampai 10 M. Tapi kalau udah saham-saham gede yang story-nya ada most likely hold. Apalagi kalau contoh Saham-saham gold ya mungkin ada juga AKBK yang trading tapi AKBK-nya 80% 70%
hold. Karena ya itu tadi yang data yang aku lihat tuh mereka tuh cap pakai cap ratio. Mereka beli hari ini untuk 10 tahun atau 5 tahun ke depan ya. Nah, ini gua pengin bahas beberapa SAM secara spesifik ya. Tapi sebelum itu lu ini enggak sih main Sam-sam FC juga? Enggak. Enggak. Oh, lu enggak Enggak enggak. Kenapa? Susah belinya. Beli dapatnya kecil gitu. Lu, lu sampai buat jadwal ya kalau enggak salah ya? Gila lu soalnya enak sih memang karena kalau memang momentumnya sudah dapat ya udah 10% sudah pasti gitu loh. Setiap hari dikasih uang jajan gitu.
Tiap hari 10% 10% 10%. Iya. Cuman emang e apakah lu punya Pengalaman dengan itu yang mengakibatkan emang lu punya core comppetensi atau lu emang fokusnya di yang lain aja gitu? Fokusnya di yang lain karena I concern about liquidity karena kalau begitu kan hanya selective people ya yang bisa dapat begitu. I tapi gua bisa tebak deh. Lu beli apa sih FC? depannya belakangnya Karena gua ada, Bro. Hari ini 10% lagi kayaknya kita harus bipin deh ya. Sebentar lagi kepala gua kan. Waduh gua gak tahu harus bip mana itu udah kering tambah susah lagi bro. Waduh begitu.
Nah kenapa lu beli itu? Katanya lu gak main SMS. Oh lu belinya karena itu Kang lu. Gua belinya sebelum juga. sebelum dia sebelum ya. Tapi gua ada nambah-nambah tapi kadang dapatnya cuman ya pokoknya Enggak inilah capeklah aku bikin alarm antri gitu loh. Tapi sebenarnya bagus ya CP termasuk fast untuk FC. Tapi lu enggak ngejar? Enggak ngejar. Udah dapat bagi gua udahlah cukuplah inilah rezeki gua gitu loh. Kapan kira-kira ee lu bakal ini gua pengin kasih studi kasus ya buat saham-saham FCA. Kapan lu bakal take profit? Nah gini. Biasa yang beli FCL lu mesti Lihat tuh
kalau yang beli maaf nih skelter-skelter gede biasanya pas open pasti ada aja yang taking profit turun dulu tuh sikat bro pas itu lu boleh sikat karena menurutku mm market kan is game of volum eh kalau kita bahas casloo itu agak beda lah dia bisa 2000% itu agak beda. Tapi kan di bursa kita tuh jarang. Jadi jauh lebih baik kalau lu dapat 50% tapi lot gede daripada 1000% tapi lotnya satu lot. Nah, makanya bagiku tidak ada harga Yang mahal untuk saham yang lagi naik kencang. Nah, termasuk yang itu yang tadi yang itu. Nah, nanti kalau open
kalau dia turun siket tuh, Bro. Karena kan ininya lumayan jauh lah, ya. Kenapa lu ee oke apakah ini gua pengin jadi studi kasusnya, tapi apakah ini saham satu-satunya yang sekarang lagi FCA di Porto yang naik 10% 10% 10% gitu? Iya itu itu. Nah em mungkin kita coba bedah dulu SAM FCA gitu ya. Soalkan SAM FCA itu ada beberapa tipe. Ada yang cuman pure gorengan sama ada yang ada fundamental gitu kan. Berarti bisa dibilang lu enggak main yang pure gorengan nih. Enggak. Enggak kan. Berarti lu enggak main yang main hajar, hajar hajar, banting, hajar hajar, berarti
lu enggak main yang itu ya kan. Lu main itu berarti yang ada story, yang ada fundamentalnya kayak gitu kan. Nah, ee kalau kayak gitu kapan lu bakal Take profit? Apakah lu bakal take profitnya itu kalau misal oh harga udah naik, lu 50% oke gua TP atau lu tuh ada story fundamentalnya yang lu cek dan gimana cara lu verify-nya gitu. Nah, gua taking profit tuh tidak tidak berdasarkan kayak oh dia FC, dia suspend enggak. Jadi benar-benar story fundamentalnya ke mana? Oke. Jadi memang itu larinya ke makro, kemudian mikro, kemudian company-nya, Ownernya. Lalu verifikasi kita tuh ya
itu menggunakan brok zoom-nya. Contoh ini benar loh, HP beli, ini benar loh, AKBK akum gitu loh. Kalau HP jualan terus, AKBK jualan terus yang beli XL, YP, XC terus kan kita takut juga. Kita pasti ada satu konsen set, oh ini ceklis tapi story-nya masih oke loh. Artinya kita harus jaga-jaga gitu. Tapi kalau semuanya sudah barengan, oh itu konfiksinya tinggi tuh. Bahkan kalau misalnya menariknya ya saham-saham yang Kayak tadi kan gua bilang ada dua kan. Yang pertama kan kalau misalnya SAM FCA yang tidak memiliki fundamental, kalau misalnya RB kita deg-degan kan degdegan pasti gila nih. Terus
yang jual R juta lot gila kita belum tentu bisa exit juga itu gua seram dan yang sebelah sini bahkan lu kalau misal RB lu enggak takut jadinya karena ini uang gua sendiri juga kan kalau kalau si kenapa gua enggak Ajak-ajak ituu satu uang gua sendiri gu gua lu jarang rekom atau jarang ngomong jarang jarang tapi gua suka kalau saham gua yang tengah gua rekom lalu FCA karena itu artinya rekomendasi gua benar H coba track back 1 tahun ke belakang saham yang multibagger yang naik naik 100, 200, 300% semuanya pernah kena suspen tapi belum tentu FCA
ya kan FC kan dua kali suspen ya dua kali suspen FC 7 hari open gitu Iya iya iya benar kita bisa ketemu kita enggak pernah ngobrol ya tentangnya gua kira-kira tahulah lu juga gua tahu bro kisaran berapa gua tahu i kan benar kan kok bisa tahu oke kenapa lu tahu Mm gua tahu retail tuh suka di satu saham enggak tahu ya just happen like that gitu bro. Jadi kalau lu kasih lihat gua Porto ya, lu punya AB CD luan 1 M ters terus 4 hari kemudian gua ketemu lu di Harga SAM itu udah berapa gua
bisa kira-kira oh itu udah jadi 1,8 just happen like that mungkin karena udah kebiasaan lihat angka nyari harga bottom nyari harga average gitu eh tapi kenapa kenapa lu mikir gua punya harga beli itu di situ gitu karena yang di atas yang beli tuh udah MG dan CP oh lu enggak mungkin bisa kita enggak mungkin bisa compet lawan mereka i Nahest rital kurang Yang counter ke atas tuh udah big player wells. Benar, benar, benar, benar. Berarti lu sekarang, Cuan ya 28% hampir 30 lah. 30% cuma hitung berapa hari, Bro. Gila itu mantap. Oke, kita ngomongin beberapa
saham-saham MC yang kita pengin bahas nih. Em, bagaimana cara analisis Emiten yang akan ditargetkan ke MSCI? Eh, kalian tracking back contoh Februari boleh enggak ya aku ngomong ini ya? Bolehlah. Contoh satu emiten mau masuk di Februari kan review per kan ada Februari April ya pokoknya gitulah kalian coba cek deh di website ada empat kali period 3 bulan sebelum itu kalau AKBK sudah mulai masuk itu front run tuh cumi tuh nah itu boleh kalian konsen dan paling penting tuh sebenarnya kalian lihat Ownernya ownernya mau main enggak ownernya peduli enggak sama ini tapi kalau aku perhatiin dari
suksesornya Pak Frankie di DSSA Pak PP di Cuan dan BRMS eh sori Cuan dan brand. Kemudian Pak Bakri dan Pak Salim di Bayar MS. Bayar MS aja dapat berapa, Bro? 6 triliun loh dari Gold Index sama MSCI. Belum Foodsi eh foodsi ada ya kalau enggak salah. Kalau ada foodsi berarti 8 triliun. Itu setara dengan CDI empat kali, Bro. IPO itu setara dengan emas Dua kali IPO. Setara dengan CBDK 4 kali IPO. Enggak perlu IPO, Bro. Mereka cuman create liquidity. sesuaikan market cap dan itu tracking asing masuk lalu maintain. Nah, itu yang paling penting. G kenapa
maintain itu penting? Maintain penting karena kalau seandainya masuk MSCI kalian dam, masuk MSCI kalian dam, ujung-ujung teras asing terhadap Indonesia jadi kayak India. Sekarang India lagi krisis loh stock marketnya Karena benar-benar mendapat banyak tuh konglow-konglo. E the next adani lah, adani-adan yang rollim-nya seperti ini enggak di-maintain. Jadi dia perlu maintain 30% dari free market cap transaksi setahun. Batas minimum aku ambil kasar ya. Contoh Con masuk di 1500 contoh minus 30% dia keluar dari indeks tapi nanti angkanya formulanya aku kasih tahu. Contoh brand masuk di 10.000 ya di 7.000 dia keluar. Dulu BRPT tuh masuk di
1000-an 900-an. Nah kemarin tuh di 800 Dia keluar. Nah, jadi itu perlu diconsen. Jadi kalau seandainya nanti nanti setelah Hyp MSJ ini beres selesai kemudian mungkin tuh 2 3 tahun kemudian kalian carinya tuh udah batas threshold minimum tuh udah bukan cari yang cari yang belum masuk gitu loh yang sudah masuk kemudian masih mau dijaga sama ownernya. Nah, saya sih cukup yakin Pak Salim bakal ngejaga Pak Happy kalau masuk ada masuk bakal ngejaga Pak Bakri kemudian Pak PP sudah terkenal enggak Pernah ada dia masuk habisok keluar. Nah, itu yang perlukan konsern owner-owner ini. Pak Frankie lebih
lebih lagi lebih enggak mungkin lagi. Apakah yang lu lihat ya yang tadi kan kita ngomongin ini baru permulaan ini bakal melahirkan konglo-konglo baru lainnya yang pengin kayak mereka juga yang sudah berhasil masuk. itu bahaya. Maksudnya ee kita kan enggak kenal, kita enggak kenal ya ee owner ini tujuannya apa. Kalau memang Dia benarin jadi indeks itu ada exit liquidity dia, habis itu dia enggak maintain, dia enggak peduli transaksi, dia enggak enggak jaga. Nah, itu kan will affect bad to us. Tapi jadi jauh lebih baik sebenarnya menurutku saat ini tuh lihat kongl yang udah ada. Contoh Raja
Ratu banyak join venture. Kemudian Buvaina banyak rumor-rumor di market. Kemudian Pak Bakri dengan Pak Salim. Kemudian Sinarmas ini company yang masuk tuh itu baru empat kan Kemarin. Oh mereka punya ratusan company di bawah yang kecil-kecil. Banyak loh yang saham-saham kecil yang underdog yang sebenarnya potensial masuk MSI. Di luar dari itu, BUMN juga banyak. Antam 4.200 lah mungkin possibility masuk. Kemudian Tins itu di 10.000 tins masuk. MDKA INKP potensial juga masuk. Adaro potensial juga masuk. Adaro mungkin di 2.600, INKP di 12.000 13.000 MDKA di 3.500 atau 4.000 masuk Bro Bayangkan. Jadi banyak sebenarnya. Ini ada yang
nanya nih, Sampa PP masih menarik enggak? Ini kalau saya nanya gini, most likely megang PTRO mungkin yang hari ini sih menarik ya, tapi enggak tahu besok-besok gitu loh. Cuman Pak sama Pak PP tuh bisa main gitu loh, swing low, swing high-nya oke. Nah, kalau untuk batas stress hold minimum semuanya udah jadi target untuk naik terlalu jauh menurutku belum. Hm. Kecuali kalau misalnya yang baru gitu ya, ada yang yang lain gitu ya. Terus ada yang nanya tentang RMKE. Lu ngikutin? Enggak. Tapi aku kenal sih dengan ownernya. Tahulah dengan Pak Vincen. Oke. Sahamnya Andri Hakim tuh. Oh
gitu. Iya. Dia ada main. Oke. Ee kenapa CBDK turunnya dalam Sekali, Kak? Ini soalnya ee sapit pertaniannya dari beberapa hari yang lalu ya naik soalnya. A saya juga stres sih itu. Aku L, aku Lost. lumayanlah CBDK karena ee ya itu tadi kita kalau konsul dengan CBDK tuh selalu ada seller dari salah satu broker yang gede, salah satu underwaternya. Jadi ini yang ngebuat kita kayak mungkin sellernya belum selesai. Ada ada juga yang bilang begini eh karena Pani kan mau R isue kemarin Kan udah beres nih R isue-nya eh dia mau beli CBDK jadi CBDK itu enggak
mau dibikin terlalu tinggi karena harga reu kan mesti 30 hari harga open gitu. He. Nah, cuma ini setelah re isue juga masih belum kelihatan. Apa lu ngikutin CBDK maupun Pani di saat ini? Cuman enggak. Oke. Habis habis keluar dari saya exit CBDK out, habis itu udah Biar dululah main biar akumulasinya jelas, ininya jelas. Iya. Iya. Kalau misalnya bumi gimana lu ngikutin enggak? Bumi ikutin dong banget. Eh, bumi, bumi itu free flot-nya terakhir saya cek itu 28,28 itu sekitar 3 bulan lalu, 2 bulan lalu data MSI ya saat ini sudah 31,2 se sudah sangat masuk sangat
masuk masuknya tuh di jadi di 290 sudah masuk cuman kalau kita berkaca Dari gerakannya Pak Salim ya BRS masuk itu di 599 masuknya di 1900-anah itu 30 40% dari itu. Ya, mungkin asumsi orang adalah kalau seandainya bumi di 298, asumsi saya 300 deh 50%-nya 450. Kemarin kan kena, Bro. Makanya lagi tengin profit nih. Jadi kalau tapi kalau bumi di bawah 350 itu merem beli, Bro. Karena di 300 290 dia masih masuk. 350 turun ke 290 15% Cenglilah potensial risnya potensi aris 15% risnya di bawahnya ini potensial upside-nya ada. Dan dia juga enggak ada ngejar harus
masuk Februari ini loh. Maksudnya timeline Pak timeline Konglow kan beda-beda. I contoh Pak PP PTRO gagal masuk berapa kali ujung-ujung oke-oke aja. H dan tapi Mellary bakal masuk anyway yang ini most likely harusnya masuk ya PTRO tergantung bumi dan bumi. Oh bumi bumi PTRO harusnya masuk tergantung dari free MSI ini. Iya lalu ya aku juga masih waiting untuk Antam. Next-nya nih ya bocor sedikit nih. Antam tet masih jauh tapi potensial banget dari slide dan antara ini kalau di break down ke bawah itu benar-benar mineral dan resources Antam Tins inkpibility mungkin di 12.000 13.000 MDKA di
3.000-an eh 3.500 4.000 Adaro di 2.600 2007 itu bisa masuk. Nah, jadi kan kalau kita tahu gini owner mau ngejar ya kita lihat aja AKBK mulai masuk rutin akum ya udah arahnya ke situ. Terus kalau misalnya e ini ya, kalau misalnya kita ngomongin ke tadi misalnya Pak Salim gitu misalnya kita ngomongin bumi kita misalnya misalnya di 290 sudah masuk 290 sudah masuk ada enggak sih benefit Untuk Konglo apabila sahamnya ini waktu masuk harganya itu di 600 artinya apa artinya free float market capnya itu jauh lebih tinggi dibandingkan di benit mereka waitingnya lebih tinggi. Artinya apa?
Inflow yang mereka dapat itu kalau mungkin 3T bisa jadi 4T. berarti mereka punya kepentingan untuk terus lanjutin bukan cuman di bear threshold doang gitu sebenarnya ya semua kan mata tertuju sama Pak PP Karena Pak PP dapat brand 3 triliun dapat cuan 2 triliunan 6 triliun SSA dapat 12 triliun Bro karena batas threshold dengan bawah itu tuh jauh sekali nah itu yang mestinya dikejar nah cuman ya kembali lagi dengan aturan-aturan baru ini mesti divis kita coba lihat lagi nih karena kayaknya aturan terbaru tuh mau free flot segede apapun dari MSI. Kalau MSI lihat kalau kesai enggak
naikin dia tetap pakai yang kesai. Nah, itu kan kurang fair ya Menurutku ya. Hm. Ya, tapi setidaknya tidak dikeluarin lah. Setidaknya corporate masih okah. Iya. Iya, iya. Apakah lu aware gimana cara Kes itu melakukan perhitungan free flow? Itu paling susah. Sampai saat ini MSI pun mengakui it's a very hard to know the real free flow. Jadi mereka benar-benar punya MS punya metodologi sendiri saya punya metodologi sendiri. Cambilnya jadi yang mana yang terendah, mana yang terendah. Dan itu tergantung dari disclosure kita kan. Contoh kayak tex planning gua dengan teks planning lu kan pasti beda. Nah, itu
sama seperti kayak gini tuh. Ini company eh ownernya pakai PT ini. PT ini ternyata nama anaknya. Wtu enggak boleh. Harus pakai nama sepupunya. Oh, sepupunya juga masih kena karena sepupunya nikah sama ininya gitu. Itu disclosure kita. Seberapa open sih Lu sama KES? Seberapa open sih lu sama data ke pay gitu. Sori data kesi. Nah, semakin lu open, kalau lu benar-benar enggak ada PT ya enggak masalah. Tapi kalau lu banyak PT sayang. Hm. Ya, tricky jadinya ya. Jadi apa namanya kita harus perhatikan dua kalau kayak gitu. Cuman ini sekali lagi ini belum diputuskan juga. Belum diputuskan
ini kelihatannya directionally ke arah sana gitu ya. Kalau misalnya IMPC, kenapa IMPC turun terus? IMPC masih aman MECI enggak nih? Angka MSI IMPC itu kurang lebih 4.800. Jadi memang di Februari ini pun dia enggak bisa masuk. Itu satu. Terus kedua aku coba sori aku ambil handphone ya. Heeh. Saat ini market cap IMPC berapa? Saat ini market cap IMPC woh 172 triliun. Oke, ini yang aku tahu ya. Tapi aku takut dimarah sama Philip Cipto Nih kalau kalau salah nih. Jadi free flot ini kan cara hitung cara hitung standar minimal masuk MSCI itu adalah pertama kalian harus
tahu dulu free flot-nya berapa di bawah 15 atau di atas 15. Kalau di bawah 15% syarat masuknya tuh susah karena perlu kali 1,8. Jadi free flot-nya tuh perlu market cap perlu 60 triliun kurang lebih 60 50-an triliun. Kalau di bawah 15 hanya perlu 27. Iya. IMPC hampir menyentuh 15. Sayangnya kemarin begitu data MSI keluar aku juga cek hah belum berubah. Nah, jadi ini masih dipertanyakan nih kenapa belum berubah. Nah, tapi ini cuman masalah struktural, cuman masalah waktu untuk IMPC bisa nyentuh free flot di atas 15%. Karena saat ini market cap-nya kurang lebih R0 triliun. Kalau
15% dikali 180 aja itu udah 27 triliun masuk. Jadi tergantung tergantung free flot-nya aja Sekarang secara market cap. Oke. Tapi 3.000 menurutku sih dijaga ya. Ini kan barusan 31 ya ada lumayan. Nah selama enggak turun di bawah 3.000 masih fine. Yap. Kalau misalnya koin kayak gimana nih? Koin kena banting kok. Apakah masih bisa ngejar MCI? Stres nih. Kalah aku sama koin. Aku juga di grup kita out gitu loh. Kita putusin out. Kenapa? Karena ee tesis awal itu adalah dari POJK, POJK terbaru bahwa tidak boleh ada exchanger, tidak ada exchanger crypto baru yang akan tercipta karena
OJK baru pasal baru ini. Tapi Pak Haji Isam powernya kuat, Bro. Pak meskipun Pak Hasyim itu memiliki koin, Pak Haji Isam bisa aja membuat keluarin IC ini ya. Jadi market share-nya kebagi. Tapi kalau dibilang dia bakal makan market share market share coin secepat itu enggak. Aplikasinya aja belum ada, Bro. Nah, cuman orang yang sudah masuk kecewa Duluan. Nah, jadi saat ini ya mungkin biarin aja l dulu. Kita sudah out kita lihat dulu kapan titik di mana akumulasinya di mana maka mulai fback lagi. Tapi harus ingat karena koin itu memang kan volatil ya. Dia pernah dari
3880 sampai ke 2000 loh minus 53% habis itu all time high lagi. Nah, ini lagi proses yang sama menurutku. Jadi kalau dibilang secara bisnis Company-nya tidak ada masalah, cuman market share-nya ada potensi kebagi. Kalau dari sisi bursa stock market ada yang kecewa, ada yang seller dulu gitu. Itu kan kalau misalnya kita ngomong dari segi fundamentalnya kan. He. Nah, tapi kalau misalnya lu lihat dari ee market maker-nya atau kalau misal lihat dari segi ya siapa yang nged ada taking profit ada yang taking profit Tapi market maker enggak hilang, enggak kabur. H. Nah, itu good. Jadi, market
makernya lu lihat juga taking profit? Eh, mungkin ada juga, tapi tidak maksudnya dia enggak ninggalin koin. Hm. Enggak i enggak enggak distribusi gitu loh. Enggak distribusi. Enggak distribusi. Sama kayak kayak wifi Lah. Masuk HIM 4.000 sempat ke berapa? 3.100 sempat 3.000 malahan. Itu 25% apa 30% samalah kayak ini proses doang karena dia kan dari IPO di berapa? 158 ya apa 200 gitu sampai ke 4.000 kan 20 kali lipat. Lebih hebat dari LCO malahan. Iya, iya, iya. Nah, cuman apakah ini misalnya ya kan tadi tuh ee apakah ada soalnya kan sekarang kalau misalnya kita ngin dari
segi fundamental, yes. Oke, sekarang Yang darinya monopoli bisa jadi oligopoli bisa jadi berdua atau katanya ada omongan di luar sana ada yang potensial ketiga juga gitu kan. Nah, apakah eh orang itu apakah harga sahamnya itu bisa detached dari konsen-konsen terhadap fundamental apabila si MM-nya emang pengin ngejar MSI? Dia lihatnya oke kalau misalnya gua nyampai hampir 5.000 gua bisa masuk MSI. Jadi ya biarin aja fundamentalnya toh si MSI juga enggak ngelihatin petak bisa Karena kita punya regulator. Eah bursa effect itu bakal mantau. Itu tugas bursa effectf untuk untuk ee apa? proaktif terhadap emiten ini kalian maunya
apa? H. Nah, tapi maksudnya kayak gitu misalnya nih ya biarin aja misal kan sekarang waktu mereka IP kalau enggak salah mereka punya apa ya omset atau profit yang 100 M gitu misalnya kan. Nah itu kan ya sekarang pernya kan tinggi tapi biarin aja mereka ngedorong itu ke atas Sampai kayak Messi habis itu tinggal dijaga jadi ya walaupun fundamental itu kebagitnya kebagi dua atau apapun itu ya enggak apa-apa gitu menurut lu kayak gimana? Bisa menurut gue bisa Benar. Benar. Jadi memang fundamentalnya tidak no problem menurutku. Cuman memang ada yang kecewa. Ada yang kecewa karena ternyata power
dari adiknya presiden saja kurang kuat gitu loh. Karena Pak Haji Isam aja bisa lanjutin saingannya. Padahal ICX Profitnya berapa, aplikasinya seperti apa. Itu aja belum tahu kan. Cuma ya market kan looking forward gerak duluan. Iya. Intinya adalah selling pressure lah. Selling pressure. Orang-orang yang TP-TP kali take profit. lagi ada selling pressure. Apalagi kalau misalnya mereka sudah ambil dari bawah ya udah pada cuan gede-gedean. Iya. Mereka mereka kecewa dengan story Terakhirnya itu. Oh ternyata tiba-tiba Haji Isam bisa keluarin juga. Iya iya iya iya. Tapi kalau kita bilang angka MSI berapa ya? Kalau enggak salah tuh 5.000-an
apa 6.000. Hm. It's close. Itu sebenarnya enteng. Iya. He iya. Cuman kalau misalnya selling pressure-nya banyak jadi kemahalan. Jadi kemahalan biar biar aja dulu cost untuk angkatnya jadi mahal. Jadi mungkin mereka bakal akum di bawah atau apa, kita bakal lihat nanti ke depan. I oke. Ada apa dengan CDIA? Kenapa turun terus dan kenapa enggak jadi masuk MSCI? CDI angka masuk MSI itu di kisaran 4.000. Jadi dia perlu naik double. Akumulasi yang terjadi itu XL semua kisaran 200 300 miliar. Eh sori triliunan. Bayangkan triliunan ini kalau Ngangkat dua kali lipat kalian taking profit cost-nya berapa? sementara
dapat inflow-nya cuma 3 triliun. Menurutku CDI is not is not potential to MSCI untuk saat ini. Anytime soon. Anytime. Enggak. Kita enggak tahu. Anytime. Iya. Iya. Kalau misalnya dewa lu ngikutin enggak bagaimana bumi Dewa view-nya ya? Bumi tadi kita sudah bahas dewanya git dewa tuh hebat. Free flot-nya tuh 49% itu diakuin sama MSI. Saat ini market cap dewa itu adalah 30 triliun. free flot-nya kita anggaplah sekarang kan 49 anggaplah 50 artinya 15 triliun karena dia di atas 15% syarat masuk minimal itu kan 27 ke 27 itu perlu naik sekitar 2x i dua kali apakah menurut
lu dewa itu berpotensi Buat didorong dua kali lipat untuk tahun 2026 bisa menurutku mungkin mungkin banget salah satu apa e apa namanya dia punya katalis apa pertama by fundamental ini Aku dewa tuh dari 53 loh itu se 53 perak. 53 perak dari 2 tahun 2 tahun lalu ya waktu itu tesisnya adalah ee Dewa ini itu ngeluarin bons nilainya gede banget bahkan tiga kali lipat dari Market cap-nya saat itu waktu di 50. Waktu di 50 itu market cap-nya berapa ya? Saat ini kan eh saat ini 30, di 50 tuh market cap-nya 1 triliun atau 2 triliun
sement triliunan lah hampir 1 triliun hutangnya bons-nya itu saat itu mendekati angka 2 triliun kalau enggak salah pokoknya 2 tiga kali lipat bunganya 10% bro jadi lu bayangin satu company keluarin bons bonsnya gede banget bunga 10% bonsnya bahkan lebih gede dari aset-asetnya Orang bodoh mana yang belo Kita pasti takut dong perusahaan ngeluarin bons corporate kan yang paling corporate bons kan yang paling lemah matanya di mata di di kedudukan hukum kita. Kalau company enggak mampu bayar bangkrut selesai. Yang yang megang bonsnya dapat dapat ampas, Bro. Dapat abu. Ternyata yang beli Salim, Bro. Akhirnya ternyata ini merupakan
salah satu skema yang paling murah, paling bagus untuk Konglow Akuisisi satu company. Karena kalau kamu beli companynya gede, PLP, nanti harus ada tender over. Kalau kamu beli secara backdoor belakang, e kamu harus lakukan bayar pajak apa segala macam. Nah, salah satu cara simpelnya adalah keluarin bons mahal-mahal, beli bonsnya, kemudian dia tidak mampu bayar, bonsnya convert to equity. Itu alasan kenapa Dewa kemarin-kemarin to isue. Nah, terus dari dewa ini masuklah ke dalam ekosistem Pak Salim yang punya Bumi, punya BRMS. Nanti dewa itu kan ee tambang ya. Jadi apa? kontraktor tambang. Jadi dia kayak sama kayak eh
mungkin kurang lebih kayak Mahado gitu. Jadi dia bakal dapat proyek-proyeknya bumi dan dewa. H sementara eh sori dia bakal dapat proyek-proyek bumi dan beremes. Sementara bumi udah most likely masuk. Beremes most likely masuk. Tinggal dewa nih menurutku yang paling secara story fundamental akumulasinya juga bagus. Cuman memang kemarin di atas tuh keramaian XL ya mungkin ya santai-santai dulu lah sekarang mungkin main dulu gitu. Saham yang bagus tuh yang ada gininya Bro. Ada pijakannya. Iya. Jangan HK ya teman-teman. Tolong jangan HK. Jangan ini kita cuman apa namanya? Sharing. Apalagi dia belinya dari dari 53 gitu. 50-an. Enggak
apa-apa sih Dobelin bikin my sama kaya Tapi kalian jangan HK. Terus ada yang nanya lagi tentang ee sampah tohir Ko. Thanks. Sampah tohir. Iya sampah tohir. Kayak menurut lu kayak gimana? Apakah mereka berpotensi kan yang namanya Konglo suka apa namanya apalagi ee kalau misalnya kita ngomongin dari segi National Resources lagi good eh dia punya MBMA kemarin juga lagi lumayan rally gitu. Nah, apakah mereka juga ada potensial buat ngedorong ke MCI Juga seperti konglo-konglo lainnya sama Pak Tohir? Ini kan yang kita tahu umum tiga lah. Ada Ro ADI, ada MR mungkin sekarang ada Emas, mm ada
apaagi ya MBMA juga ya masuk ya. Yang paling mungkin itu ada roh karena sebelumnya dia sudah di MS tapi keluar karena menurutku ada ada miss tuh missnya tuh adalah ketika melakukan buyback pakai nama korporat hilanglah free flot-nya. Terus yang kedua ada MR sudah pernah masuk MSCI tapi keluar Juga. Aku belum belum cek pasti data free flot ada MR. Tapi kalau dari KES kan 16%. Kalau 16% dengan market cap sekarang 80-an triliun ya dia perlu dua kali dari sekarang untuk masuk MSCI. Yang paling mungkin tuh sebenarnya adaaru untuk masuk ke MSCI. Menurutku Pak Boy ada arah
ke situ. H. Next-nya adalah VKTR. Lu ngikutin enggak VKTR? Of course. Oh ngikutin VKTR. Gimana pendapat lu VKTR gimana kok katanya ini belum apa data data ya data free flot-nya vektor itu mirip dengan dewa Bro di angka 40 something hampir 50 sementara free flot daripada vektor itu free fllot-nya mendekati dewa angkanya bagus banget 40-an% sementara VKTR itu punya musuh bro musuhnya tuh asing yang waktu itu IPO nah kita tahulah Ada memang ada asing yang punya vektor dalam Cukup jumlah yang cukup gede AK dan BK mungkin. AK dan BK posisi per sekarang tuh sudah enggak terlalu
banyak, Bro. Saat ini market cap-nya kurang eh market cap per hari ini ya kurang lebih 40 5 triliun. Kita anggap 45 triliun dengan free flot 48% kita anggap setengahnya dia dapat 2 20-an triliun Bro. untuk masuk ke MS itu cuman perlu 30. Dia perlu naik 30 40% lagi. Naik 30 40% lagi sama Pak Bakri bakal dapat 3 triliun. Menurut lu it's a good deal enggak? Pasti ya. Cuma bahwa saham itu naik secepat itu apakah berpotensi kena clusem return? Ada namanya ada namanya extreme price. Extreme price. Eh aku waktu lihat aturan itu dari MSnya aku senang
banget. Kenapa? Karena itu just matter of time rupanya. Contoh aku ambil yang paling jauh ya. Extreme press MSA itu kalau naik 2500% Alias 25 kali lipat setelah lewat 200 hari itu dikalikan 0. Jadi contoh ada satu saham naik 25 kali lipat ya udah setahun kemudian bisa masuk karena 25 kali lipatnya dikalikan nol bro. is matter of time. Bayangkan yang sudah naik kencang-kencang perlu cost jaga segala macam cuman karena extreme price eh sori cuman perlu tunggu 6 bulan lu maintain lu bisa dapat 3T. Nah, buyis sebagai owner rela enggak kira-kira? Nah, itu itu poin-poin of view
gua Seperti itu. Jadi, extreme price itu justru dari angka yang keluar aku happy. 3 bulan kalau enggak salah 200% ya 200 apa 300% gitu. I benar. itu menariknya beberapa hari ini naik terus dan gua lihat KI-nya padahal jualan terus itu. Iya. AKBK yang beli tapi kan. Iya. Nah, nah nah AKBK beli ee apakah 3 bulan kemudian yang tadi Saya bilang itu apakah apakah gitu loh. Apakah it's a sign kalau ya itu sudah ada front run yang masuk. I don't know. Yuk. Tapi gini, karena menurutku ya bayang dia kan kemarin baru keluar FCA itu kalau naik
dalam waktu kurang dari 1 bulan lagi, Bro, itu suspen, Bro. Nah, kalau suspen sudah enggak akan mampu ngejar liquidity. Apakah karena itu? Iya, justru enggak boleh naik terlalu kencang sekarang nih. H ya, kumpul-kumpulah. Hm. Iya, iya. Iya. Enggak boleh enggak boleh naik terlalu kencang karena suspensus lalu enggak mampu kejar yang masuk yang dekat ini jadinya. Iya menurutku ya. Iya tapi kayaknya jualan tapi terus naik. Tapi terus naik itu artinya akak yang beli lebih gede dong. Iya. Power yang beli lebih gede. He ya bisa jadi problem juga soalnya kalau misalnya karena suspen kan jadi masalah untuk
bahkan untuk MSI untuk MS masalah jadi enggak mampu kejar enggak mampu kejar liquidity karena banyak yang bilang kayak gini oh ya udah kalau saya spend 7 hari nanti Liquidity-nya kejar di sisanya enggak bisa liquidity-nya tuh bukan non average bukan average tapi median nah jadi MSI itu pintar menurutku rumus Guebook daripada MSCI itu sudah benar-benar perfect untuk mereka untuk investor asing. Jadi kalau seandainya 1 bulan 20 hari kerja, 15 hari tak enggak ada transaksi, 5 hari transaksi gede banget sampai triliunan itu enggak dinilai karena dinilainya median. Nah, jadi dia pengin investor yang ikut Asing-asing investor pasif
fund itu yang ngikut ke dalam indeksnya MSCI bisa dengan tenang, dengan nyaman transaksi tanpa ada fake liquidity. Kapan pun mereka mau keluar silakan. Kapan pun mereka mau beli silakan gitu. Pandangan tentang ratu bagaimana? Ee ratu dan raja satu lah ya sama eh ratu dan raja tuh batas resort untuk MS-nya masih jauh dan itu salah satu company yang paling align dengan kondisi makro saat ini. Karena dari tadi yang pemaparan kita ini arahnya tuh ke komodity Pak. Itu Cicuai juga setuju kalau eh bakal ada commodity boom. Ini GP Morgan juga yang ngomong bakal ada komodi boom. Cuman
mungkin time frame-nya seberapa banyak itu tergantung dari eh war between China and US. Semakin lama mereka bertengkar semakin jauhlah komoditi boom. Nah, komoditi boom apa? Banyak kayak kita lihat Ratu Raja, E NRG, kemudian BRMS, kemudian Pegas, Tensins, MDKA, MBMA, NCKL. Banyak banget. Kita memang komodi country kan. Nah, cuman memang commodity country eh energy itu waiting di IHSG kecil. Jadi mungkin tidak akan berdampak efek ke IHSG terlalu gede. Tapi kan kita enggak masalah yang penting for naik. H ya berarti eh kalau misalnya gua boleh tanya kan kalau misalnya terakhir Bro Myy sempat spill kan portonya apa
aja gitu. Nah kalau misalnya sekarang Apakah dari lima ini yang terakhir kan H ee PTRO apakah itu masih paling gede? Masih masih karena dia masih belum nunjukin arah koreksi. H. Terus kalau misalnya apalagi yang mana kedua, ketiga, keempat ya. Ini salah satunya ee koin cabut ya berarti ya. Koin cabut. Ini salah satu di bawah yang paling Kecil ini. Di akun yang paling kecil karena aku harus pakai laptop untuk lihat. I iya iya. Nah ini. Oke. Lalu ini. Ini salah satu yang paling kecil sih. Iya ya. Halo. Itu boleh em mungkin yang kita ngomong kalau gitu
adaah tadi tadi ada Di salah satu yang kita bahas tadi itu ada gitu ada ya yang ini sudah taking profit nih yang ini. Oh, ini bagus nih, Bro. Cuman ya mungkin belum bolehlah. Enggak enaklah kalau ngomong. Kenapa emang ya? Belum liquid. Nanti kita yang seolah-olah kita yang ini gitu. Iya. Kalau kalau seandainya memang sudah market yang bekerja kan media juga Ngomong pasti. Iya. I ya iya. Makanya kadang-kadang agak tricky antara mau edukasi dan kalau misalnya kita sebut takutnya malah naik gara-gara ini bukan tujuan kita juga enggak punya kepentingan juga buat itu. Benar. Benar. Iya. Iya.
I kalau gitu intinya ee bahas satu aja deh kalau gitu. Intinya PTR lu masih hold dan koin lu sudah jual. Intinya itu aja ya. Iya. Oke. Ee paling gua masuk ke beberapa pertanyaan tips aja sedikit ee dua tiga pertanyaan aja. Ini bagaimana kok MY melihat algo kalau misalnya yang akum itu AKBK saat jam market berlangsung? Eh, bisa. Pertama, AKBK itu bakal beli kalau bitnya tebal. dia dia lebih PD kalau bitnya tebal, overnya tebal. Nah, itu ini contoh ya. Ini mungkin eh just Kayak apa sih namanya? Anggap omongan pasar lah ya. Bukan bukan bukan bukan bukan
eksak saya ngomong gitu. Dulu brand sempat gagal masuk MSCI karena asing yang mau masuk tuh enggak bisa. Asing yang mau ngumpulin ini gimana caranya masuk 3 triliun offnya enggak ada. Nah, itu alasan kenapa untuk makan itu. Dari situ aku ngelihat salah satu ee kunci kalau asing mau masuk itu volume ada bit dan overtable. Jadi kalau ada overtable, ada bit table belum ada Yang makan nilainya biasanya 30% dari jumlah bitnya itu adalah algo. Jadi algo itu unik tuh. Contoh kamu bit 10.000 plus dia bakal bit lagi 3.000 plus. Kalau kamu pasang over 3.000 plus, dia bakal
bat juga lebih gede. Jadi dia kalau beli enggak lebih gede, kalau jual lebih gede. Kurang asem dia tuh. Cuman kalau mau mau mau mainin tuh bisa gitu loh. Jadi intinya kalau kamu lihat ada tapi ini susah ya karena kamu harus build offer tiap hari. He. Kalau kamu ada lihat satu plop ada offer gede 10.000 L plum ada yang makan 3.000 plum ada yang makan lagi 30% 30%nya itu AKBK tuh biasanya. Hm. Oke. Pendapat KY dan Leon, tapi KOMY ajaalah tentang orang lain yang tidak menghargai metod Oh, pendapat KY tentang orang yang tak menghargai metode orang
lain yang merasa paling benar. Ya mungkin ini ada yang ngerasa misalnya fundamental paling Benar atau paling benar atau enggak misalnya kayak samkung lu paling benar, scalping paling benar kayak gitu kali ya. Eh, jangankan metode dalam berinvestasi ya, makan aja tidak ada tidak ada suatu kepastian yang benar. Buddha nyuruh kita, Buddha itu nyuruh kita vegetarian. Tapi dari sains, kalau kita full vegetarian, jumlah makanan yang ada di dunia enggak cukup. Bahkan untuk kebutuhan dasar yaitu fisik aja tidak bisa di tidak bisa menggunakan Ego. Nama apalagi terhadap investasi. Jadi menurutku tidak perlu terdistrak lah di mana kamu nyaman
di situ kamu tunjukkan, kamu sampaikan eh hipasiko. Jadi waktu yang live kita itu di diambil sama Yung Buddhist Association itu yang followernya 1 juta itu. Oh kita punya podcast yang kita podcast. Oh dan aku juga baru tahu itu ehipasiko. Ehipasiko itu artinya ee Buddha itu Tidak mengajarkan kita untuk percaya buta. Kamu lihat, kamu observe. Kalau kamu cocok silakan. Kalau enggak ya sudah. Oh, itu kalimat yang indah sekali kan. Nah, sebenarnya di luar dari itu ya ini agak masuk ke psikologi agak agak agak agak emosional enggak apa-apa, Bro ya. Dari dari Buddhis itu ada yang namanya
meta. Meta itu kita ee cinta. Jadi kalau kita kita suka sama stock market, kita suka. Nah, itu tuh meta tuh. Itu menurutku meta. Lalu kemudian Kita ada di atas meta itu ada yang namanya karuna. Karuna itu welas asasi. Nah, most likely people don't have this. Most likely orang tidak punya welas asik mentok di meta. Dia suka sama fundamental, belajar mati-matian, dia jelekin yang lain. Dia suka sama tchnikal, teknikal bagus banget, dia jelekin value investing. Dia suka sama mungkin flow atau brokom, dia jelekin teknikal. Nah, itu dia mentok sampai di meta. Dia suka dengan apa yang
dia suka. Tapi kalau kamu bisa naik ke dalam meta, itu ada yang namanya karuna. Karuna itu welas. Orang yang susah. Mungkin contoh value investor enggak ke mana-mana sahamnya, enggak disumpahin. Justru dikasih tahu, "Pak, ini loh market tuh sekarang begini begini. Tapi kalau Bapak merasa ini bagus, Bapak silakan ikuti." Enggak juga enggak apa-apa. Itu sudah di tahap yang kedua. Tahap paling tinggi ini ada satu kalimat dari bahasa sangkerta yang benar-benar indah ee Namanya mudita. Jadi mudta itu merasakan kebahagiaan orang lain. Kalau kamu sudah sampai di level ini, contoh kita lagi stres turun, kamu keluar aja ngelihat
ee bapak-bapak bawa anaknya lagi senang itu kamu juga merasakan kebahagiaannya karena yang kamu tangkap energinya bukan orangnya. Nah, itu tiga tahapan psikologis menurutku yang perlu diincar. Ya, mungkin dia baru sampai di meta, belum sampai di karuna dan mudita. Saya itu aja. Keren jawabannya, Bro. Menurut Koko, bagi yang punya 100 juta beginner, mending pegang berapa saham? Kalau misalnya cuman satu atau dua, takutnya nyangkut. Ah, lima lah. Lima lah. Tapi kalau memang karena angka setiap orang kan berbeda. Mungkin bagi Andri Hakim R juta enggak ada apa-ap lah gitu kan. Tapi tapi ini assume Andri Hakim R jutain
dulu. Tapi kalau misalnya Andri Hakim 100 jutain dulu kay tetap all in Maksudnya kayak dia tetap tetap all in pasti. Eh, tapi kalau aku bisa bilang oke juta is quite big lah ya, cukup ya. Karena dari data perbankan aja yang punya R juta itu cuma 1%. You need to diversify sih kalau udah di R juta ya. Nah, mungkin bagi sebagian orang 1 M. Nah, tapi kalau menurutku R juta ya lima saham okelah 5 3 4 tadi lihat punya aku cuman dua. Saat ini lu pegang berapa saham? Lima. Lima? Berarti yang kemarin ada yang lu buang,
ada beli lagi, ada yang beli lagi, ganti lagi. Ganti gitu yang tadi itu yang depannya ini. Gua taking profit mau beli lagi enggak bisa. Tunggu turun. Terus yang ini itu ada dua di dua akun. Kemudian IMPC gua ada tapi ke ke trailing stop. Entar gua lagi nyari titik bottom mungkin di 3.000-an. E lalu yang ya masih Konglo play sih. Lu rencana buat bakal masuk lagi buat IMPC. Yes. Kenapa? Kenapa? Nah, kenapa lu ngomong itu bukan ngomong bukan bukan ngomong tentang koin? Kenapa lu ngomong lu bakal masuk lagi ke IMPC tapi lu enggak ngomong hal yang
sama tentang koin? Kalian tracking di Desember AKBK sudah mulai aktif masuk ke IMPC dan I think AKBK itu front run-nya sudah ngelihat ini bisa nih gitu. Nah, cuman memang masih ada structural problem dengan shareholder-nya itu mesti di atas 15% sudah dekat. Tanggung banget. AKBK-nya sudah masuk. Sama kayak Antam, Bro. AK BK masuk di Antam tuh Maret. Kemudian ya I heard I heard rumor ya katanya BUM kita jualan gede karena kan Antam kan lagi perform kan lagi all time high ini 4.000 jualan dulu lah Jup turun lagi AKBK-nya jadi enggak bisa keluar Lagi akum lagi AKBK-nya
kayak gitu it's a process ya. Cara ngobatin retail-retail yang FOMO gimana Ko? Masa masih enggak kapok jadi exit liquidity di dada? Mungkin ini kemarin dada udah tidur dibangkitin sama satu ya satu ini kali ya satu pihak cet gitu eh kena damitnya. That's the purpose of us kan untuk kita kita dari tadi bahas tuh mungkin cuma 10% 15% most likely pikir kerangka Berpikirnya strukturnya itu yang itu yang perlu teman-teman dengar. Kebanyakan orang nungguin stok picknya. Nunggunya di stok pick beli habis itu jatuh nyala-nyalain. Kalau naik ya udah happy gitu doang. ngikutin emosi terus gitu loh. Ada
ada ada yang perlu diberesin. Soal susahnya gini ya, misalnya misalnya tadi ee Broemia bilang saham A bagus gitu misalnya atau enggak saham Busham itu bagus tapi lu con atau enggak Tergantung dari lu beli di harga berapa. Iya betul dan lu exit di harga berapa gitu. Misalnya kayak SAM brand gitu ya kan kita lihat rally naik ke atas tapi kan di atas dia ada naik turun naik turun kayak gini kan. Jadi banyak orang bisa cuan, tapi ada orang yang bisa rugi juga kalau misalnya belinya di atas dan jualnya di bawah gitu. Jadi harga bagus harus diikuti
dengan eh sori barang bagus Sham bagus harus diikuti Dengan harganya bagus gitu. Kalau misalnya lu beli barang bagus tapi kemahalan, lu beli iPhone tapi lu belinya Rp100 juta, ya lu boncos juga gitu jadinya. Contoh kayak gini, Bro. Ini aku ambil analogi musim durian. Sekarang kan lagi musim durian di di di Kuala Lumpur di Malaysia saat ini tuh lagi banyak ee musangking musim durian di di Malaysia itu lucu. Jadi begini terus bisa sempat hilang, Lalu ada satu momen bisa tiba-tiba banyak lagi. Nah, kalau kita belinya pas Musang Kingnya lagi jelek-jelek di ujung-ujung, udahlah pasti udahlah mahal,
lalu harga e rasanya kurang enak, lalu kemudian kita paksa habisin terus beli terus uang kita habis, perut kita sudah kenyang, tiba-tiba muncul lagi yang baru yang bagus. Ah, gitu. Jadi kayak contoh kayak kita bahas koin tadi pas lagi koreksi, y santai dululah gitu loh. Jangan, jangan maksa terus. Jangan maksa terus. Oh, ini karena ada yang bilang bagus, beli terus, beli terus, beli terus. Ini momennya belum. Brand aja perlu setahun untuk masuk. Bayangkan setahun ini ada yang kayak udah 1 minggu turun. Iya iya iya. Oke, mungkin ini pertanyaan dari eh terakhir ya. What is the best
lesson you can give to other people who is starting out in the stock market? Jadi intinya buat pemula buat pemula Kira-kira let's say mereka bermulai kerja umur 25 apa yang mereka harus lakukan? Kamu berusaha terlalu keras itu bakal ada yang bilang suruh kamu istirahat. kamu istirahat santai, ada yang bilang, "Kamu harus kejar mimpimu." Apapun yang kamu lakukan itu pasti akan selalu ada pro dan kontra. Cuman kamu yang tahu yang terbaik di diri kita. Problemnya adalah 90% orang enggak tahu. 90% orang pengin jadi my, pengin jadi Andri hakim, pengin jadi yang lain-lain. Tapi belum tentu itu
cocok dengan mereka. Belum tentu itu sesuai dengan kita punya human design. Aku tuh percat setiap orang punya human design. Makanya ada yang namanya value investor, ada yang namanya trader, ada yang namanya technical analyst, ada yang namanya kayak Andri Hakim, multibagger investor. Nah, you you must know your worth. Nah, itu dengan cara kalian harus bongkar kalian punya trauma, kalian harus Bongkar kalian punya psikologi. Dan itu PR-nya saya perlu 5 tahun. Dan dengan dengan kemunculan overpost dan media-media yang lain, saya perhatiin banyak yang bisa pangkas itu jadi 1 2 3 tahun. Nah, itu jadi kalian tidak bisa
bilang e advice adalah yang saya tampilkan saat ini dengan Konglop play MS Play itu terbaik. Belum tentu yang Andri Hakim katakan multibagger bisa jadi itu lebih baik untuk kalian. Bisa jadi enggak juga yang lain juga segala macam. Intinya your worst, that's yours, gitu loh. Benar-benar your hanya kamu yang tahu worse-nya kamu, bukan orang lain. Berarti bisa dibilang cara style MY trading pun atau berinvestasi pun juga berevolusi. Berevolusi. Betul gitu kan. Lu masuk di tahun 2011. 2011 I masuknya sebagai investor. Investor. Heeh. Fundamental. Fundamental. BCA belinya. BCA. Oh, lu masuk sebagai fundamental. Iya. Beli BCA. belajar
P, PBV, IV, Ebida. Habis itu ternyata karena aku masih muda, aku cuman mau dopaminnya, bukan Analisanya. Nah, karena analisa fundamental habis beli dopaminnya langsung hilang. Geraknya 0,7% 0,3% apaan deh gitu loh. Akhirnya setelah 2 3 tahun belajar tchnikal, habis itu 2 3 tahun lagi jadi belajar flow. Habis itu baru sekarang kayak ada MSCI flow segala macam, Konglow play. Jadi bahkan seorang MY pun juga berevolusi terus ya. Dan dulu aku enggak pakai broksom. Aku belajar broksom dari dari Hanky malahan. Aku ngelihat analisa dia. Oh Ini AKBK oh ini ZP beli begini gini. Aku belajar juga aku
belajar juga dari para-para e investor di luar. Dan sekarang 100.000 orang belajar dari Bro M. Kebanyakan orang Indonesia itu yang gua lihat itu udah GPR duluan. Takut duluan. Iya malu duluan gitu. Menghadap CEO, menghadap direktur udah udah ini dulu takut ya. Dan mereka enggak PD gitu padahal dan mereka tidak bisa meng komunikasikan bahwa mereka itu Sebenarnya bagus. M itu adalah kalau misalnya all in kalau ngelakuin sesuatu harus all in kalau misalnya kita melakukan sesuatu soalnya kompetitor kita itu selalu all in juga kan. Gimana caranya kita bisa lawan orang kalau misalnya mindset kita adalah ya lihatlah
kalau misalnya jalan oke kalau misal kalau enggak ya enggak apa-apa. Betul. I kalau itu dengan tabungan 1,7 M lu kalau misal Bisa dapat 10% itu kan artinya 170 jutaan lu punya income itu lebih tinggi daripada lu punya active income. Iya iya iya. Lu dapat lu mikirin gimana caranya lu bisa dapetin 10% ya dengan uang segini lu tuh udah lebih tinggi daripada ini gitu. Bahkan lu jadi mikir gitu lu jadi enggak mau kerja. Iya kan lu enggak mau jadi kerja atau enggak minimal Semoga ini bisa meng-highlight kenapa pengetahuan tentang investasi itu sangat-sangat penting.